UPAYA NAHDLATUL WATHAN SEBAGAI LABORATORIUM KLINIK KESEHATAN MENTAL DAN JIWA RAGA SEMUA WARGA - NW KALTIM

UPAYA NAHDLATUL WATHAN SEBAGAI LABORATORIUM KLINIK KESEHATAN MENTAL DAN JIWA RAGA SEMUA WARGA

LAGU SAKIL JAHIL: SENANDUNG MAULANASSYAIKH UNTUK KAUM SASAK-INDONESIA BANGKIT DARI TRIO PENYAKIT KEJAHILAN: KEJAHILAN PENDIDIKAN-KEJAHILAN SOSIAL DAN KEJAHILAN DAKWAH: UPAYA NAHDLATUL WATHAN SEBAGAI LABORATORIUM KLINIK KESEHATAN MENTAL DAN JIWA RAGA SEMUA WARGA.

  • OLEH:
  • SEKRETARIS JENDERAL PENGURUS BESAR NAHDLATUL WATHAN (H. FAHRURROZI DAHLAN. QH)
  • Sekjen_PBNW
Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.
Bismillahi wa Bihamdih
Wassholatu wassalamu ala Rasulih
Wa ala Alihi wa shahbih
Waman tabiahu ila yaumi liqoi robbih.
Waba'du:

Izinkan al-Faqier mengajak para Kader Kader NW dimana saja berada untuk terus menggaungkan karya-karya ilmiah maha guru kita, Al-maghfurlah Maulanassyaikh TGKH.M.ZAINUDDIN ABDUL MADJID AL-MASYHUR.

Agar kita tidak dikatakan orang yang ketakutan kehilangan identitas dan jamaah. Agar kita juga bisa mengerti arti dari Sakit Jahil perspektif Maulanassyaikh.

al-Faqier menulis kupasan lagu sakit jahil ini, tentu berangkat dari kejahilan al-Faqier yang secara makna teks yang paling tahu makna haqiqi dari teks lagu ini adalah penyusunnya sendiri.

Pembaca hanya bisa membaca dan menganalisa aspek-aspek yang ada relevansinya dengan pendekatan Historis, pendekatan sosiologis, pendekatan antropologis tentang teks itu berdialog tentang Apa, dengan Siapa, Dimana, Kapan, untuk Apa?

Tentu interpretasi pembaca akan dipengaruhi oleh latar Akademik dan latar historisnya sendiri.

Terlepas dari itu, mari KITA BUKTIKAN BAHWA KITA TIDAK TAKUT AKAN EKSISTENSI KE-NW-AN KITA dalam segala dinamikanya.

Ayooo kita bersenandung dan melagukan syair Inspiratif SAKIL JAHIL:

SATU. DUA. TIGA.....MULAI.

Sakit Jahil nde' narak oatneSakit jahil tak ada obatnya Sakit Jahil nde' narak oatneSakit jahil tak ada obatnya  
Selainan si' te beguru ngajiSelain kita belajar ngaji Selainan si' te beguru ngajiSelain kita belajar ngaji
2x
     
Semeton Jari si' masih sakit Semeton Jari si' masih sakit  
Te pade beroaat le' Nahdlatul Wathan Agente selamat era' le' akhirat  
Te pade beroat le' Nahdlatul Banat Agente selamet era' le' akhirat  
     
Pade ngaji le' Nahdlatul Wathan Pade ngaji lek Nahdlatul Banat  
Bilang jelo nde' te mele telat Bilang jelo nde' te mele telat
2x
     
Rungu' dirikte sampun masih sehat Rungu' dirikte sampun masih sehat  
Tebeguru ngaji le' Nahdlatul Wathan Agen nde' te nyesel era' le'' akhirat  
Tebeguru ngaji le' Nahdaltul Banat Agen nde' nyesel era' le' akhirat.  
     
TERJEMAHAN VERSI INDONESIA
(Dapat dilagukan seperti versi teks aslinya)
Sakit jahil tak ada obatnya Sakit jahil tak ada obatnya  
Selain kita belajar ngaji Selain kita belajar ngaji
2x
     
Saudaraku yang masih sakit Saudaraku yang masih sakit  
Marilah berobat di Nahdlatul Wathan Agarlah selamat kelak di akhirat  
Marilah berobat di Nahdlatul Banat Agarlah selamat kelak di akhirat  
     
Marilah ngaji di Nahdlatul Wathan Marilah ngaji di Nahdlatul Banat  
Setiap hari jangan terlambat Setiap hari jangan terlambat
2x
     
Urus diri mumpung masih sehat Urus diri mumpung masih sehat  
Belajar mengaji di Nahdlatul Wathan Agar tak menyesal kelak di akhirat  
Belajar mengaji di Nahdlatul Banat Agar tak menyesal kelak di akhirat  
     

PROLOG

Sakit jahil adalah terminologi khas Maulanassyaikh untuk menyebut siapa saja yang tak mau belajar agama dan tak mau memahami diri sendiri dan orang lain.

Sakit jahil maknanya sangat mendalam dimana orang yang jahil, orang yang tak ngerti agama, tak mengerti arti perjuangan, tak menghargai jasa orang lain adalah penyakit yang menimpa orang pintar orang cerdas namun jahil untuk menghargai jasa guru dan ibu bapaknya.

Sakit dan jahil sesuatu yang berbeda dalam banyak hal. Sakit bisa jadi sakit jasmani, Sakit Rohani, Sakit Fisik, Sakit Perasaan. Jahil ilmu jahil pengalaman, Jahil kesejahteraan sosial, Jahil keadilan, Jahil kesetaraan,

Sakit jahil adalah penyakit yang berat yang harus ditangani dengan pendidikan keguruan dan pendidikan kepesantrenan.

A. HOSTORISITAS LAGU SAKIT JAHIL

Lagu ini ditulis oleh Maulanassyaikh sekitar tahun 1960-an yang esensinya membangkitkan semangat pendidikan anak bangsa, pendidikan anak Sasak Indonesia.

Sasak Indonesia terindikasi masih sangat terbelakang dari aspek pendidikan, maka Maulanassyaikh memberikan ruang dan kesempatan untuk maju dan bangkit melawan kejahiliahan.

Lagu ini salah satu lagu yang sangat dipopulerkan oleh Maulanassyaikh bahkan beliau ajarkan langsung note dan intonasi lagu sakit jahil ini.

Syahdan! Suatu saat ada yang melagukan lagu sakit jahil ini dan menurut Maulanassyaikh kurang tepat dari segi bahasa.

Beliau menegur dengan redaksi:

Sakit jahil endekne arak oaten. Sakit jahil deknarak watne. Sakit jahil endekne arak owatne.

Sampai segitunya Maulanassyaikh mengajarkan kita semua di MDQH dulu dan lagu ini menjadi lagu yang sangat memberikan motivasi kepada seluruh elemen masyarakat untuk bangkit dari keterbelakangan pendidikan.

B. NILAI KEISLAMAN DALAM LAGU SAKIT JAHIL

Beguru Ngaji: adalah konsep tarbiyah wa ta'lim

Belajar ilmu agama adalah belajar memahami agama dengan baik dan benar.

Belajar Ngaji bagian yang sangat inheren dengan ibadah mahdhoh, ibadah pokok yang harus dilalui dan ditempuh oleh semua insan:

طلب العلم فريضة على كل مسلم و مسلمة
اطلبوا العلم من المهد الى اللحد

Beguru ngaji adalah wujud implementasi dari hadis nabi di atas. Beroat Le' Nahdltul Wathan: Berajah ngaji, beguru ngaji, dan beroat le' lembaga pendidikan agama di NW.

C. NILAI KEBANGSAAN DALAM LAGU SAKIT JAHIL

Bilang jelo endekte mele telat:

Bait itu memberikan gambaran akan keberhasilan suatu bangsa harus dimulai dari semangat untuk maju bersama, semangat pantang mundur, semangat untuk tidak boleh lengah dan tak boleh terlambat dalam menangkap moment dan kesempatan.

Endek mele telat: adalah konsep kedisiplinan dalam aspek kehidupan, khususnya aspek keagamaan-aspek pendidikan keagamaan yang kemudian menjadi ungkapan khas Maulanassyaikh: Sakit Jahil, Beguru ngaji, Tepade beroat, Rungu' dirikte sampun masih sehat.

Siapkan diri, mantapkan diri, urus diri mumpung masih ada kesempatan dan kesehatan sebagai motivasi kebangsaan untuk tetap mempergunakan masa sehat sebelum masa sakit. Masa kesempatan sebelum masa kesempitan.

NW dan Bangsa adalah paduan tarikan nafas perjuangan menuju keberhasilan keduniaan dan keakhiratan.

D. NILAI KEUMMATAN DALAM LAGU SAKIT JAHIL

NW: adalah laboratorium klinik kesehatan untuk setiap warga agar terhindar dari penyakit sakit jahil.

NW adalah obat yang mujarrab untuk menghilangkan segala penyakit kemanusiaan. NW yang oleh Maulanassyaikh menyebutnya sebagai Tepade beroat lek Nahdlatul Wathan - Agente selamet lemak lek akhirat.

Nahdlatul Wathan sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang Pendidikan Sosial dan Dakwah membuktikan eksistensinya sebagai wadah yang menampung hajat hidup kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Maka NW harus terus eksis dan kontributif dalam mengayomi keBhinekaan, ke-nkri-an dan persatuan kesatuan Bangsa.

EPILOG:

  • NW: Pembasmi Penyakit akut masyarakat sakit jahil.
  • NW: Klinik Kesehatan bagi siapa saja yang merasa Sakit.
  • NW: Juru selamat bagi siapa saja yang sakit jahil.
  • NBDI: Perawat kesehatan kaum perempuan untuk kemajuan agama bangsa dan negara.
  • NWDI: Perawat kesehatan dan kesejahteraan kaum laki-laki untuk kemajuan agama bangsa dan negara.
  • NW: Motivator kebaikan dunia dan akhirat.
  • NW: Penyembuh segala penyakit bathiniyyah bahkan penyakit lahiriyyah.

Itulah sekelumit makna yang tersirat dalam bait syair sakit jahil karya orisinalitas Maulanassyaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid Al-Anfanany Al-Mashur.

والله اعلم بالصواب
والله الموفق و الهادى إلى سبيل الرشاد
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tabii' Walar.

(Edisi 10 RAMADHAN 1442 H/ KAMIS 22 APRIL 2021 M- PENGUATAN KE-NW-AN UNTUK WARGA NW).
ABI EL-ROZIQIENA.

Sumber: Fanspage Nahdlatul Wathan
Download Lagu Perjuangan: Sakit Jahil

Tidak ada komentar: