- OLEH:
- SEKRETARIS JENDERAL PENGURUS BESAR NAHDLATUL WATHAN (H. FAHRURROZI DAHLAN. QH)
-
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله وبحمده
والصلاة والسلام على رسوله
وعلى آله وأصحابه
ومن تبعه الى يوم لقائه
اما بعد
Al-Faqier mencoba mengurai lagu karya Al-maghfurlah Maulanassyaikh yang sesungguhnya sangat berharga dan membahagiakan kita semua warga Nahdlatul Wathan di manapun berada.
Lagu ini berjudul Ya Man Yaruumul Ula: Duhai siapa saja yang menginginkan kemuliaan.
Lagu yang menginspirasi terbentuknya kader-kader pejuang NW yang selalu mencerdaskan dalam segala kapasitas yang dimilikinya.
Lagu panggilan kemuliaan yang sangat berharga dan mulia bagi seluruh Benihan NAHDLATUL WATHAN.
Panggilan keakraban yang sering digunakan oleh Maulana dalam memanggil murid-murid setia dan bakti taat terhadap khittah Organisasi NW.
Untuk itu, mari kita bersenandung lagu ini dengan penuh semangat dan optimisme dalam memperjuangkan NW dimana pun kita berdedikasi dan berkhidmat.
Ayo...satu ...dua....tiga....ibda'!!!!
يا من يروم العلا
يا من يروم العلا دنيا وفى آخرة
Wahai pengharap kemulian dunia akhirat
أطلب فنون العلوم فى مدى الزمن
Tuntutlah beragam ilmu di sepanjang saat
أطلب بجد ولا تكسل ولا تهن
Tuntut dengan kesungguhan janganlah bermalasan
إن العلوم تكون أحسن السفن
Sungguh ilmu itu sebaik pelayaran.
اخا العلا لا يتم العلم إلا إذا
Pemilik kemuliaan, ilmu tak tersempurnakan
طلبته مخلصا بنهضة الوطن
Kecuali menuntutnya ikhlas di Nahdlatul Wathan
فانها أقدم مدارس الوطن
Karena Nahdlatul Wathan madrasah yang terdepan
فيها الأساتذة الأكفا ذوو فطن
Guru-gurunya cermat pemilik kecerdasan.
فيها العلوم كذا مكارم الخلق
Diajarkan beragam ilmu keteladanan
وقد تخرج منها انجم الوطن
Lulusannya terbukti bak bintang bertaburan.
فيها الشريعة والحقيقة الحسنة
Diajarkan syariat, hakikat yang terpuji
فيها طريقتنا من أعظم المنن
Juga Thariqat kita karunia yang tertinggi
والنحو والصرف والفقه الأصول الفلك
Diajarkan Nahwu an sharef ushulul fiqih
مع البلاغة والتفسير والسنن
Falaq, balagah, tafsir, dan juga tentu sunnah
فيها اللغات مع الحساب والهندسة
Diajarkan Bahasa Ilmu Matematika
والجير والكيميا جغرافيا الوطن
Teknik, aljabar, Kimia, juga Geografinya
واعلم أخي أننا فى زمن الفتن
Ketahuilah Saudara, kita di zaman fitnah
حتى يروا حسنا ما ليس بالحسن
Hingga kebaikan tak lagi terlihat indah
والجهل فى الناس قد فشا وطم وعم
Bodoh dan pembodohan merata di negeri
حتى علا فوق زروة الجبل رنجانى
sehingga fitnahnya melewati puncak Rinjani
فكل من فسر القران مع جهله
Siapa tafsirkan Qur'an tanpa Nahwu sharefnya
بالنحو والصرف انه ابو الفتن
Ialah sesungguhnya bapak fitnah nan nyata
واتخذوا الرؤسا الجهال والفسفة
Dipilihnya pemimpin bodoh lagi pendosa
فنشروا فتنة الدجال فى المدن
Lantas fitnah Dajjal di seantero merata
فالله يعصمنا من شرهم أبدا
Allah menjaga kita dari keburukannya
والله يعلم المفسد من المحسن
Allah tahu perusak dan yang baik tingkahnya
فاطلب هداية مولانا العلى أبدا
Ikutilah petunjuk Maulanal Aly selamanya
وألزم قراءة حزب نهضة الوطن
Hizib Nahdlatul Wathan rajinlah membacanya.
(Terjemahan sesuai lagu dalan teks Arab (terjemah Majlis Alaufiya wal uqola')
PROLOG
Kata Kunci dari lagu ini adalah Menggapai kemuliaan, menggapai kesuksesan.
Tawaran praksis yang ditawarkan oleh Maulanassyaikh adalah kemuliaan dengan pendidikan.
Pendidikan yang kreatif dimulai dari nawaitu yang baik dan motivasi yang bijak.
Pendidikan integratif menjadi tawaran yang paling realistis untuk era globalisasi dan era millenial yang sudah sejak puluhan tahun telah dikonsep oleh Maulanassyaikh. Syair ini menjelaskan tentang kesemua itu.
A. HISTORISITAS NASYID YA MAN YARUUMUL ULA
Lagu ini sering disenandungkan oleh santri madrasah NWDI dan Santri madrasah NBDI dan Santri NW di setiap era dan episode pendidikan di NW. Lagu atau syair ini adalah syair - lagu yang paling panjang yang disusun oleh Maulanassyaikh.
Syair ini memberikan keterangan sejarah otentik madrasah NWDI dengan menyebutkan secara langsung oleh Maulanassyaikh sebagai madrasah paling dahulu didirikan dalam bentuk klasikal-modern.
Hal ini dinyatakan oleh Maulanassyaikh:
فإنها اقدم مدارس الوطن
Sesungguhnya Madrasah NWDI adalah madrasah yang paling dahulu di bumi tanah air Lombok ini. Syair ini bisa jadi ditulis oleh Maulanassyaikh di era-era tahun 1960-an.
Dimana Era-era tersebut Sasak Lombok sangat terbelakang dari berbagai dimensi. Terutama aspek pendidikan. Maka NW lahir dan muncul untuk memberikan peluang untuk anak anak Sasak dalam rangka meraih pendidikan.
B. NILAI KEISLAMAN DALAM NASYID YA MAN YARUMU:
Ada ungkapan Maulanassyaikh dalam syair ini:
Siapa saja yang menginginkan dunia dan akhirat:
يا من يروم العلا دنيا وفى آخرة اطلب فنون العلوم فى مدى الزمن
Ungkapan Funun al-ulum: memberikan penjelasan bahwa semua warga Islam harus dapat menguasai beragam ilmu pengetahuan baik pengetahuan agama maupun pengetahuan umum.
C. NILAI KEBANGSAAN DALAM NASYID YA MAN YARUUMUL ULA
Maulanassyaikh menjelaskan pentingnya integrasi keilmuan. Integrasi keilmuan yang dimaksud oleh Maulanassyaikh adalah menggabungkan sistem pendidikan yang tidak melulu mempelajari agama namun juga mempelajari hal-hal yang terkait kebangsaan dan kesejahteraan.
Maulanassyaikh menyebut ilmu agama semisal: Nahwu Sharef, balaghah, Fiqh, Ushul fiqh, Qur'an, Hadis, Maulanassyaikh menyebut ilmu-ilmu umum semisal: Bahasa, Sastra, Kimia, Geografi, Matematika, Arsitek, Aljabar, Dan lain-lain.
Ini menjelaskan bahwa Maulanassyaikh peka dengan realitas masyarakat Indonesia yang harus menguasai ilmu ilmu yanv terkait dengan kemajuan bangsa dan negara.
D. NILAI KEUMMATAN DALAM NASYID YA MAN YARUUMUL ULA
Maulanassyaikh menjelaskan tentang era zaman ini adalah zaman fitnah. Zaman banyak cobaan banyak rintangan kehidupan kemanusiaan. Fitnah meraja lela. Keadilan tak menjadi perisai hukum, banyak para dai yang tak faham agama. Tak faham metode dakwah.
Orang orang yang menafsir al-quran dengan kebodohannya maka mereka adalah abul fitani. Bapak fitnah. Sumber malapetaka kehidupan yang Maulanassyaikh menyebutnya: Abul Fitani.
untuk terhindar dari mara bahaya dan malapetaka itu perbanyaklah baca Hizib dalam setiap waktu dan kesempatan nincaya kita selamat dari berbagai cobaan tersebut. Carilah petunjuk Allah itu dengan memperbanyak baca Hizib Nahdlatul Wathan.
EPILOG:
- NW: Madrasah Klasikal yang menginspirasi berdirinya madrasah madrasah di NTB.
- NW: Mengajarkan untuk menuntut ilmu dengan penuh keikhlasan.
- NW: Lembaga pendidikan sosial dan dakwah yang secara sanad keilmuan langsung dari Maulanassyaikh.
- NW: Model lembaga yang mengintegrasikan ilmu agama dengan ilmu umum.
- NW: Lambang kejayaan kemanusiaan dengan mengedepankan ilmu pengetahuan dan moralitas sebagai role model kemajuan bangsa dan agama.
- NW: Selalu eksis dalam berbagai terpaan badai. Badai tahun 1977/ badai 1982/ badai 1997/ badai muktamar tahun 1998 badai reformasi 1999, badai tahun 2000. badai administrasi Ke-NW-an 2014. Dan puncaknya terbelahnya ormas NW menjadi Ormas
- NWDI. Badai badai itu tetap indah dalam setiap waktu dan kesempatan nanti. Biarkan badai itu berlalu secepatnya dan pengikutnya dalam menjalankan perkhidmatan keummatan dengan kapasitas masing-masing.
والله اعلم بالصواب و إليه المرجع والمآب والله الموفق و الهادى إلى سبيل الرشاد والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
(Edisi 14 Ramadhan 1442 H/ 26 April 2021 M. SEMOGA Bermanfaat untuk kita semua.
Salam takziem
Tabii' Walar.
Abu El-roziqiena.
Sumber: Fanspage PB. Nahdlatul Wathan
Download Lagu Perjuangan NW: PBNW
Tidak ada komentar: